IMPLEMENTASI PANCASILA DALAM TUGAS KEBIDANAN

| Jumat, 31 Oktober 2014
               Nah teman sekalian kini saya akan mulai mengepost bagaimana pengertian implementasi nilai pancasila dalam tugas kebidanan . mari kita simak latar belakangnya dulu . jumm lihat simak bersama ;;) 

            Beberapa peraturan menteri kesehatan dan ketetapan-ketetapannya merupakan salah satu perundang-undangan yang pada dasarnya harus diimplementasikan dalam meberikan pelayanan kebidanan. Bidan, sebagai seorang tenaga kesehatan harus mengetahui dan mematuhi segala peundang-undangan dan ketetapan-ketetapan yang dibuat oleh lembaga pemerintahan karena bagaimanapun bidan juga merupakan warga negara indonesia yang wajib menaati segala peraturan yang berlaku. Disamping itu bidan juga wajib memahami segala aspek yang ada di negaranya. 
                     Kesadaraan akan nilai-nilai universal yg ada di Indonesia telah terangkum semuanya di dalam Pancasila. Pancasila harus dibuat bermakna bagi kehidupan kita agar tidak hanya menjadi sekedar konsep yang sewaktu-waktu bisa dibuang. Karena itu kesadaran akan Pancasila harus muncul dari bawah. Nilai-nilai Dasar sangat penting untuk selalu dimaknai kembali, karena generasi di masa mendatang belum tentu bisa menghayati Pancasila sebagai perekat dasar yang mempersatukan Indonesia.
                     Hal tersebut akan sulit sekali dicapai jika kita tidak berusaha memaknai kembali nilai-nilai luhur Pancasila Bidan adalah sebuah profesi yang khusus, dinyatakan sebagai sebuah pengertian bahwa bidan adalah orang pertama yang melakukan penyelamatan kelahiran sehingga ibu dan bayinya lahir dengan selamat. Tugas yang diemban bidan berguna untuk kesejahteraan manusia. Tugas bidan menjadi sangat penting dalam menurunkan angka kesakitan dan kematian ibu dan anak. Pengamalan Pancasila bagi bidan sangat penting. Seorang bidan yang melaksanakan Pancasila dengan baik dalam kehidupan sehari-hari akan menjadi warganegara yang baik dan menjadi tenaga kesehatan yang profesional. Dalam pelayanan kebidanan, aturan hukum dan perundang-undangan serta etika profesi yang dapat dipelajari melalui pendidikan kewarganegaraan sangatlah penting untuk dimengerti, dipahami serta diimplementasikan dalam profesi kebidanan. 
                 Oleh sebab itu, dalam makalah ini akan dibahas kaitan antara nilai pancasila dengan tugas kebidanan yang berjudul “implementasi nilai-nilai pancasila dalam tugas kebidanan” agar kita mengetahui peran dan pentingnya pendidikan kewarganegaraan dalam profesi kebidanan. nilai – nilai luhur yang terkandung dalam pancasila mutlak harus dihayati dan diamalkan oleh masyarakat indonesia, agar kita dapat terhindar dari akibat – akibat buruk yang dibawa oleh zaman tersebut. Nilai – nilai persatuan tapi universal yang terkandung dalam pancasila dapat menjadi jati diri bangsa indonesia. 


1.Pengertian Pancasila
                  Arti pancasila berasal dari bahasa sansekerta india (kasta brahmana). Sedangkan menurut muh yamin, dalam bahasa sansekerta , memiliki dua macam arti secara leksikal yaitu : panca : yang artinya lima, syila : vokal i pendek, yang artinya batu sendi, alas, atau dasar. Syiila vokal i panjang artinya peraturan tingkah laku yang baik atau penting. Pancasila adalah petunjuk hidup bagi warga negara indonesia . Pancasila juga sebagai sarana yang bertujuan untuk mencapai filsafat negara . Menumbuhkan wawasan kebangsaan bernegara serta membentuk sikap dan perilaku cinta tanah air yang bersendikan budaya dan falsafah bangsa indonesia . Maka pancasila merupakan sumber dari segala sumber hukum, pancasila merupakn sumber kaidah hukum negara yang secara konstitusional mengatur negara republik indonesia berserta seluruh unsur-unsurnya yaitu rakyat, wilayah, serta pemerintahan negara. Sebagai dasar negara, pancasila merupakan suatu asa kerokhanian yang meliputi suatu kebatinan atau cita-cita hukum, sehingga merupakan suatu sumber nilai, norma serta kaidah, baik moral maupun hukum negara, dan menguasai hukumdasar baik yang tertulis atau undang-undang dasar maupun yang tidak tertulis atau convensi. Dalam kehidupannya sebagaidasar negara, pancasila mempunyai kekuatan mengikat secara hukum.
                Pancasila merupakan suatu dasar nilai serta norma untuk mengatur pemerintahan negara atau dengan lain perkataan pencasila merupakan suatu dasar untuk mengatur penyelenggaraan negara. Konsekuensinya seluruh pelaksana dan penyelenggara negara segala peraturan terutama segala peraturan perundang-undangan termasuk proses reformasi dalam segala bidang dewasa ini, dijabarkan diderivasikan dari nilai-nilai pancasila. Oleh sebab itu, nilai – nilai luhur yang terkandung dalam pancasila mutlak harus dihayati dan diamalkan oleh masyarakat indonesia, agar kita dapat terhindar dari akibat – akibat buruk yang dibawa oleh zaman tersebut. Nilai – nilai persatuan tapi universal yang terkandung dalam pancasila dapat menjadi jati diri bangsa indonesia.


2.Peran Dan Fungsi Bidan
             Bidan selalu berusaha mengakui persamaan derajat, persamaan hak dan kewajiban, asasi setiap manusia, tanpa membeda-bedakan suku, keturunan, agama, kepercayaan,jenis kelamin, kedudukan sosial, warna kulit dan sebagainya Seorang bidan harus mampu mengdientifikasikan penelitian dalam bidanhg kesehatan mandiri maupun kelompok .melaksanakan investigasi sesuai dengan rencana.menyusun rencana kerja pelatihan, dan juga memanfaatkan hasil ivestigasi untuk meningkatkan dan mengembangkan program kerja dan pelayanan kesehatan . Bidan juga memiliki tanggung jawab besar baik dari segi konseling, yang meliputi:
• remaja putri
• pranikah
• prahamil
• ibu hamil
• ibu bersalin
• ibu nifas
• klimakterium
• menopause

Bidan juga harus mampu memberikan pelayanan kebidanan normal yang meliput:
• hamil
• bersalin
• nifas
• pemeriksaan fisik
• senam hamil
• pengendalian anemia
• amniotoni
• uterotonika
• ASI ekslusif .

               Bidan juga harus bisa memberi pelayanan abnormal, pelayanan kebidanan pada anak dan balita , pelayanan KB , dan pelayanan kesehatan masyarakat .Mengembangkan sikap saling mencintai sesama manusia. Dasar pelayanan kebidanan yang baik yaitu dengan rasa kecintaan pada sesama manusia. Mengembangkan sikap saling tenggang rasa dan tepa selira.
             Bidan selalu bersikap tenggang rasa dan tepa selira dalam menghadapipasien, mengembangkan sikap tidak semena-mena terhadap orang lain, klien, menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan. Memberi pelayanan kesehatan ibu dan anak dan berusaha melakukan kegiatanm kemanusiaan, berani membela kebenaran dan keadilan, selalu berani untuk membela kebenaran dan keadilan dalam Hukum Bangsa Indonesia, merasa dirinya sebagai bagian dari seluruh umat manusia karena bagian dari seluruh umat manusia tersebut,sehingga bidan wajib menghargaikehidupan manusia untuk meneruskan kehidupan bangsa, mengembangkan sikap hormat menghormati dan bekerjasama dengan bangsa lain, bekerjasama dengan tim kesehatan lainnya.
                Upaya pendeteksian dini terhadap kehamilan oleh seorang ibu merupakan suatu hal yang penting dalam upaya penerapan standar pelayanan kebidanan, pengetahuan tentang identifikasi kehamilan oleh para pasangan calon ibu ataupun oleh para pasangan usia subur sangat berguna terutama dalam pemberian pelayanan kesehatan terhadap ibu hamil serta bagi janin yang dikandungnnya. Identifikasi ibu hamil adalah melakukan kunjungan rumah dan berinteraksi dengan masyarakat secara berkala untuk memberikan penyuluhan dan memotivasi ibu, suami dan anggota keluarganya agar mendorong ibu untuk memeriksakan kehamilan sejak dini dan secara teratur (ibi, 2000).


 3.Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Dalam Tugas Kebidanan
              Berdoa sebelum dan setelah menolong pasien Mengajarkan pasien untuk menyerahkan hasil pertolongan lepada Tuhan YME .Manusia Indonesia percaya dan taqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa, sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing menurut dasar kemanusiaan yang adil dan beradab. Menghormati kepercayaan dan agama pasien Tidak memaksakan kehemdak mengenai kebiasaan berdoa dan beribadah kepada orang lain Mengembangkan sikap hormat menghormati dan bekerjasama antara pemeluk agama dengan penganut kepercayaan yang berbeda-beda terhadap Tuhan Yang Maha Esa. Menghormati kebiasaan berdoa dan beribadan pasiennya Menghormati agama orang lain Membina kerukunan hidup di antara sesama umat beragama dan kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa. Tetap menjaga kerukunan umat beragama meskipun berbeda-beda kepercayaan dan agama Agama dan kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa adalah masalah yang menyangkut hubungan pribadi manusia dengan Tuhan Yang Maha Esa. Memegang teguh prinsip bahwa agama dan kepercayaan menyangkut hubungan pribadi manusia dengan Tuhan Yang Maha Esa.
                  Mengembangkan sikap saling menghormati kebebasan menjalankan ibadah sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing Menghormati kebebasan pasien untuk berdoa dan beribadah sesuai dengan agama dan kepercayaannya dan membimbing untuk selalu berdoa sesuai keyakinannya Tidak memaksakan suatu agama dan kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa kepada orang lain. Tidak memaksakan agama dan kepercayaan kita kepada pasien. Kehidupan manusia tanpa mengenal Ketuhanan Yang Maha Esa dapat mengakibatkan mereka kehilangan nilai – nilai etik, moral dan spiritual. Tanpa manusia yang adil dan beradap, kemajuan bidang ekonomi, ilmu pengetahuan dan teknologi justru akan memerosokkan nilai – nilai kemanusiaan ke dalam tempat yang rendah. Tanpa nilai persatuan dan kesatuan, bangsa indonesia akan mengalami perpecahan dari dalam, misalnya perpecahan antar suku bangsa, antar agama atau ras.
               Tanpa nilai – nilai kedaulatan rakyat, dapat disaksikan tumbuhnya kekuatan – kekuatan pemerintah yang sewenang – wenang yang akhirya terjadi pertentangan antara pemerintah dan rakyat. Tanpa nilai – nilai keadilan sosial, dapat disaksikan kesenjangan sosial dalam masyarakat, akan terjadi kecemburuan sosial antara si kaya dan si miskin. Lebih lanjut hal ini dapat menimbulkan keresahan dan keresahan dan perpecahan yang selanjutnya dapat membahayakan kelestarian hidup bangsa dan negara.
            Oleh sebab itu, nilai – nilai luhur yang terkandung dalam pancasila mutlak harus dihayati dan diamalkan oleh masyarakat Indonesia, agar kita dapat terhindar dari akibat – akibat buruk yang dibawa oleh zaman tersebut. Nilai – nilai persatuan tapi universal yang terkandung dalam pancasila dapat menjadi jati diri bangsa Indonesia. Ketika kita dihadapi oleh berbagai persoalan multidimensional dan mulai kehilangan arah, maka ada pihak yang mengusung budaya kearab – araban pada satu sisi dan kebarat – baratan pada satu sisi yang lain, maka pancasila menjadi jawaban yang relevan. Sebagai nilai – nilai dasar, pancasila telah mencakup semuanya. Kesadaran akan nilai – nilai universal yang ada di Indonesia telah terangkum semuanya didalam pancasila. Pancasila harus di buat bermakna bagi kehidupan kita agar tidak hanya menjadi sekedar konsep yang sewaktu – waktu bisa dibuang, karena itu kesadaran pancasila harus muncul dari bawah. Nilai – nilai dasar sangat penting untuk selalu dimaknai kembali, karena generasi dimasa mendatang belum tentu bisa menghayati pancasila sebagai perekat dasar yang mempersatukan Indonesia. Hal tersebut akan sulit sekali dicapai jika kita tidak berusaha memaknai kembali nilai – nilai luhur pancasila. Bidan adalah sebuah profesi yang khusus, dinyatakan sebagai sebuah pengertian bahwa bidan adalah orang pertama yang melakukan penyelamatan kelahiran sehingga ibu dan bayinya lahir dengan selamat. Tugas yang diemban bidan berguna untuk kesejahteraan manusia. Tugas bidan menjadi sangat penting dalam menurunkan angka kesakitan dan kematian ibu dan anak. Pengamalan pancasila bagi bidan sangat penting. Seorang bidan yang melaksanakan pancasila dengan baik dalam kehidupan sehari – hari akan menjadi warga negara yang baik dan menjadi tenaga kesehatan yang profesional. Bidan selalu bersikap tenggang rasa dan tepa selira dalam mengahdapi pasien.
            Mengembangkan sikap tidak semena-mena terhadap orang lain.Tidak berlaku semana-mena terhadap klienMenjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan. Selalu menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dan Gemar melakukan kegiatan kemanusiaan. Bangsa Indonesia menyatakan kepercayaannya dan ketaqwaannya terhadap Tuhan Yang Maha Esa. Beragama berdoa sebelum dan setelah menolong pasien. Mengajarkan pasien untuk menyerahkan hasil pertolongan kepada Tuhan Yang Maha Esa.Manusia Indonesia percaya dan taqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa, sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing menurut dasar kemanusiaan yang adil dan beradab. Menghormati kepercayaan dan agama pasien. Tidakaa memaksakan kehendak mengenai kebiasaan berdoa dan beribadah kepada orang lain. Mengembangkan sikap hormat menghormati dan bekerjasama antara pemeluk agama dengan penganut kepercayaan yang berbeda-beda terhadap Tuhan Yang Maha Esa.

                  Nah teman teman, sekian  yang bisa saya sampaikan mengenai implementasi nilai pancasila dalam tugas kebidanan . Saran saya Biasakan melakukan hal-hal yang kecil supaya kita tetap beretika dan selalu dipandang baik oleh orang lain , bercengkrama dengan penuh tata krama membuat kita dinilai sebagai salah seorang yang baik dalam menghadapi oranglain . itu adalah contoh implementasi pancasila dalam tugas kebidanan lingkup kecil .sudah saat nya kita mulai melatih diri sejak dini agar terbiasa kelak menjadi seorang bidan yang profesional .


# Daftar pustaka Makalah ini sebagian besar bersumber dari media internet yang diantaranya adalah :
1.    http://dyaswara.blogspot.com/2013/10/makalah-nilai-pancasila-dalam-praktik.html
2. https://id.scribd.com/doc/109970465/Peranan-Pancasila-Dalam-Kelancaran-Tugas-Tenaga-Kebidanan 3.    https://rhennynouvizani.wordpress.com/category/pancasila/
4.    http://www.artikelkebidanan.com/artikel/penerapan-nilai-pancasila-dalam-praktek-kebidanan.html
5. http://midwifeaff.wordpress.com/2013/01/15/implementasi-perundang-undangan-hukum-dan-etika-dalam-pelayanan-kebidanan/
6.  http://eyotakeyboard.blogspot.com/2013/12/pancasila-sebagai-pandangan-hidup-bangsa.html
           
         Baiklah pembaca Sekalian, hanya ini yang dapat saya tulis, semoga penggalan makalah ini dapat bermanfaat bagi pembaca :) etsss bukan hanya bisa fotocopi doang yaaa :P terimakasih kunjungannya ^_^ datang lagi yaa wassalam..

1 komentar:

  1. bagi-bagi ilmu dan informasi dan semoga bermanfaat
    http://tugaskebidanand3.blogspot.co.id/

    BalasHapus

Next
▲Top▲